Comuniation Skill
Pada dasarnya semua manusia mempunyai kemampuan untuk berbicara atau berkominikasi antara satu sama lain. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan bahasa yang baik dan benar serta efektif, baik itu dalam menyampaikan informasi, ataupun berbicara dengan seseorang saja.
Sebelum masuk ke inti materinya, tentunya hal yang paling mendasar yang perlu kita pahami yaitu mencari tau dulu apa yang dimaksud dengan komunikasi?
Menurut KBBI : "Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami"
Dari arti komunikasi menurut KBBI tersebut, dapat disimpulkan bahwa, komunikasi adalah proses interaksi antara dua orang atau lebih baik itu untuk sekedar penyampaian informasi/berita, teori, emosional, ide/gagasan, perilaku, tingkah laku ataupun proses tanya jawab.
Pemanfaatan kemampuan berkomunikasi dengan baik tentunya sangat perlu dalam kehidupan seorang manusia, baik dalam dunia pendidikan, perkuliahan, kerja, maupun lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari hari, contohnya seperti dalam hal jual beli, tentunya sangat membutuhkan sebuah komunikasi agar proses jual beli tersebut berjalan dengan lancar.
Untuk mencapai proses berkominikasi dengan baik, tentunya kita harus mempelajarinya dulu tentang bagaimana suatu komunikasi itu bisa dikatakan afektif, dan bagaimana suatu komunikasi itu dapat dikatan dengan buruk. komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terjadi jika proeses penyampaian informasi disampaikan oleh seseorang yang kemudian mudah dicerna dan dimengerti serta cepat ditanggapi oleh lawan bicara, sedangkan komunikasi yang buruk adalah komunikasi yang penyampaian informasinya sulit diterima oleh lawan bicara, baik itu kesulitan dari orang yang menyampaikan informasi, maupun orang yang mendengar informasi tersebut. Hal yang cenderung ditemukan dalam komunikasi yang butuk yaitu ketika seseorang bingung dengan lawan bicaranya yang cara berbicaranya kurang terstruktur dengan baik dan terurut, sehingga ketika berkominikasi dengan orang tersebut malah semakin membingungkan. Maka itulah alasan mengapa setiap manusia harus mempelajari COMUNICATION SKILL atau dalam artian kemampuan berkomunikasi.
Hal yang paling mendasar dalam memulai suatu pembicaraan atau memulai proses komunikasi, yaitu mengenali sifat atau karakter dari seseorang. karena jika kita memulai proses komunikasi dengan sembarangan tanpa mengenali karakter dari lawan bicara, itu justru malah semakin berisiko, karena ada orang yang mudah mengerti, dan ada juga orang yang sulit mengerti bahkan malah tersinggung dengan pembicaraan.
Komunikasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal adalah Komunikasi yang proses penyampaian informasinya dilakukan secara langsung melalui lisan seperti berbicara sebagaimana mestinya. Berbeda dengan Komunikasi nonverbal yang proses penyampaian informasinya melalui isyarat atau gerak-gerik dari tubuh.
Penyampaian informasi sangat bervariasi, hal yang mempengaruhi pandangan lawan bicara atau pendengar yaitu nada suara dan ekspresi wajah yang digunakan untuk menyampaikan informasi, contohnya seperti nada suara lembut untuk memberikan solusi dari lawan bicara yang mengungkapkan emosional, nada suara keras dan ekspresi wajah marah yang menandakan kesan emosional, dan jenis suara serta ekspresi lainnya.
Ada beberapa tips untuk menciptakan komunikasi dengan baik dan benar yaitu sebagai berikut:
- Jadilah Kamu pendengar yang baik
- Tidak memotong pembicaraan
- Sebisa mungkin berimajinasi untuk mencari tau gambaran dari pembicaraan oleh lawan bicara
- Mengontrol emosi
- Tidak terburu buru untuk menyampaikan solusi, karena sebagian orang hanya ingin didengar tanpa meminta solusi untuk meredam emosi
- Menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh banyak orang dan bahasa yang baik, baku dan benar serta logis
- Tetap optimis dan jangan takut salah
- Menghormati satu sama lain
- Menguasai topik pembicaraan
Komunikasi Yang Asertif
Secara istilah, Asertif dapat diartikan sebagai sikap tegas yang dimiliki seseorang tanpa mengganggu atau melanggar hak orang lain. Seseorang yang asertif adalah seseorang yang mampu menyampaikan apapun yang dirasakannya kepada orang lain dan lebih cenderung terbuka.
Hal yang disampaikan oleh orang yang Asertif adalah hal yang menurutnya begitu penting dan akan memanfaatan segala hak untuk mencapai kepentingan bersama tanpa mencampur baurkan dengan emosional serta menjelaskan penyampaian itu secara logis.
Orang asertif adalah orang yang tidak mudah tersinggung dan tidak akan pernah menyerah untuk mempertahankan hak yang ia miliki. disaat ada masalah ia mampu menyelesaikan sendiri, akan tetapi ketika ada seseeorang yang masuk dalam masalah tersebut, maka ia akan meminta untuk menyelesaikan masalah tersebut secara bersama-sama.
jadi, komunikasi asertif adalah kemampuan berkomunikasi untuk menyampaikan berbagai ekspresi dengan jujur untuk menjaga proses komunikasi tersebut tetap berjalan dengan lancar dan efektif.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar